Rabu, 25 Mei 2022

Tulisan Reflektif modul 3.1

 

Tulisan Reflektif

Oleh Nur Zuafah

CGP Angkatan 4 Kabupaten Pati

 

Modul 3.2. pemimpin dalam sumber daya menyadarkan diri akan jadi diri kita sebagai salah satu asset yang ada di sekolah. Selama ini, kita hanya menggali asset apa yang ada di lingkungan sekitar kita yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan dan memajukan sekolah. Padahal kita sendiri adalah asset yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas sekolah kita.

Secara factual kita hanya melihat segala sesuatu yang terjadi dan ada di sekitar kita dari sisi kekurangan dan masalahnya saja, tanpa melihat bahwa dari setiap kekurangkan pasti ada kelebihan yang bisa kita manfaatkan. Dan dari setiap masalah selalu ada potensi yang bisa kita gunakan untuk merendam segala masalah yang ada. kita sebagai guru yang juga sebagai pemimpin bisa memberdayakan diri kita sendiri dan mengoptimalkan kekuatan/asset yang kita miliki untuk membangun dan menciptakan segala sesuatu yang positif.

Proses pengoptimalisasian dan pemberdayaan segala potensi/asett/modal yang kita miliki untuk membangun kondisi yang lebih ideal sering disebu dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA). Pendekatan ini menjadikan individu, komunitas dan social sebagai bagian dari agen perubahan itu sendiri.

Suatu program dikembangkan dengan memfokuskan asset utama apa saja yang ada dan dimiliki suatu komunitas. PKBA sangat cocok diterapkan di sekolah karena Pendekatan ini lebih sederhana dan simple. 

Pendekatan ini lebih memfokuskan terhadap asset apa yang dapat diberdayakan tidak lagi melihat dan focus terhadap masalah apa yang ada dan telah terjadi. 

Setiap tantangan dan rintangan yang menghadang selalu dihadapi dengan kekuatan dan potensi yang dimiliki masing-masing komunitas/individu/sekolah. sehingga solusi yang didapat akan berlaku secara terus menerus dan berkelanjutan. Sekolah sebagai satu komunitas seyogyanya dapat menerapkan pendekatan ini dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang sama.

Dalam menerapkan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA) ada beberapa asset yang sering dioptimalkan diantaranya: modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik, dan modal agama dan budaya. Setelah melakukan pengidentifikasiaan berikut adalah asset-aset yang dimiliki oleh SD Negeri Ngetuk 01 adalah sebagai berikut:

1.     Modal manusia

a. Guru

 

Guru Profesional (S1 dan S2)

Guru sebagai Instruktur

Guru kreatif dan inovatif

 

c. Murid

 

Heterogen dengan berbagai potensi baik akademik maupun non  akademik

d. Orang tua dan Komite Yang selalu mendukung kebijakan sekolah dan PBM yang berpihak pada murid

 

e. Tenaga Kependidikan

 

 

f. Alumni SDN NGETUK 01 simpatisan yang selalu siap mensukseskan program  sekolah

 

2.    Modal Sosial

 

Aturan sekolah yang  tegas untuk menanamkan  kedispilinan

PGRI dan KKG

Masyarakat sekitar  lingkungan petani

 

3.    Modal Fisik

Ruang kelas yang menampung semua anak didik  Lapangan Upacara dan Olah Raga

Toilet murid, guru, tenaga kependidikan, kepala  sekolah yang terpisah.

Sumber air / sumur

 

4.    Modal Lingkungan/Alam

 

Udara Masih segar karena berada di  lingkungan dataran tinggi dan persawahan

Kebun sekolah

Lahan masih luas dan hijau

Sekolah bersih

Pertanian dan perkebunan

Taman sekolah

5.    Modal Finansial

 

Dana Bos

 

6.    Modal Politik

 

Pemerintahan daerah yang proaktif dan responsive kepada sekolah 

Rapat rutin yang diselenggaran setiap bulan sebagai wadah aspirasi dan  inspirasi setiap warga sekolah

Keamanan (Polisi)

7.    Modal Agama dan Budaya

Perayaan Hari besar Agama

Budaya berbagi untuk menumbuhkan empati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar