Kamis, 03 Februari 2022

Laporan aksi nyata budaya positif modul 1.4

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                      LAPORAN  AKSI  NYATA

MODUL  1.4  BUDAYA  POSITIF

 

 

Disusun Oleh  :

 

 

 

Nama

Calon Guru Penggerak

Unit Kerja

:

:

:

Nur Zuafah S.Pd

Angkatan 4 Kabupaten Pati

SD Negeri Ngetuk 01 Kecamatan Gunungwungkal

 

 

 

 

 

 

 

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PATI

2022

 

 

 

A.    Latar Belakang

Budaya positif adalah  nilai yang telah disepakati, yang menjadi kebiasaan bersama yang akan dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Budaya positif merupakan bentuk pembiasaan karakter yang baik, yang terdiri dari beberapa kegiatan dalam rangka untuk menumbuhkan karakter baik peserta didik. Pembentukan karakter bertujuan untuk mewujudkan budaya positif di sekolah. Budaya Positif merupakan salah satu indikator peningkatan mutu sekolah.

Sekumpulan nilai yang melandasi peilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan symbol-simbol yang dilakukan oleh semua warga sekolah adalah pengertia dari Budaya Positif. Untuk dapat mewujudjan budaya positif di sekolah, diperlukan kolaborasi dan sinergitas antara semua unsur yang ada disekolah. Semua harus mampu melaksanakan suatu perubahan positif yang dilaksanakan secara berkesinambungan penuh komitmen demi terwujudnya visi murid impian dan sekolah impian.

Budaya positif yang dibangun dalam suatu kelas akan berdampak pada budaya positif di lingkungan sekolah. Komitmen pelaksanaan budaya positif harus dimulai sejak dini. Peran Guru Penggerak adalah menggerakkan agar budaya positif dalam membudaya. Kegiatan yang mencerminkan budaya positif diantaranya adalah bekerjasama, kolaboratif dengan rekan sejawat, hubungan yang harmonis dan akrab antara guru dengan peserta didik maupun dengan orang tua wali murid, sikap disiplin penuh tanggung jawab yang dapat di contoh oelah orang lain. Membangun budaya positif di sekolah dapat diawali dengan membangun budaya positif di kelas melalui komonkasi yang efektif. :

 

B.     Deskripsi Aksi Nyata

Kegiatan aksi nyata dilaksanakan selama 4 minggu dengan tahapan sebagai berikut

1.      Persiapan

Pada Minggu Pertama, kegiatannya adalah membangun komunikasi dengan Kepala Sekolah terkait pentingnya penerapan budaya positif, yang didahului penerapan dari diri seorang guru kemudian siswa baik di dalam kelas maupun lingkungan sekolah. Selanjutnya melakukan pengimbasan kepada seluruh rekan sejawat sekaligus menyamakan persepsi tentang strategu penerapan budaya positif.

 

2.      Pelaksanaan

Pada minggu kedua, melaksanakan aksi pada kelas luring kelompok belajar  kegiatan Penilaian Akhir Semester Gasal. Dimulai dengan membuat kesepakatan kelas. Setelah kesepakatan kelas dibuat maka kesepakatan kelas tersebut menjadi keyakinan kelas. Berikut ini keyakinan kelas 5 SD Negeri Ngetuk 01 yang disepakati secara bersama oleh seluruh warga kelas 5 SD Negeri Ngetuk 01:

a.       Senantiasa menjaga kebersihan.

b.      Bekerja sama dengan baik dan rukun.

c.       Selalu menjaga keamanan dan kedamaian kelas.

d.      Selalu rajin belajar dan disiplin

Keyakinan kelas ini diharapkan untukdapat diimplementasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di kelas maupun di sekolah.

3.      Pengumpulan Data

Pada minggu ketiga saya mengumpulkan data sebagai bahan menyusun laporan aksi nyata.

4.      Pelaporan

Minggu keempat menyusun laporan kegiatan sesuai dengan alur budaya positif pada modul 1.4

 

C.    Hasil Aksi Nyata

Hasil yang dapat dirasakan dari penerapan budaya positif pada kegiatan pembelajaran di sekolah adalah:

1.      Respon positif dari peserta didik dan orang tua murid.

2.      Kegiatan belajar berjalan nyaman dan bermakna.

3.      Lingkungan tempat belajar selalu bersih.

4.      Anak menjadi lebih disiplin

5.      Kerja sama antar kelompok lebih kompak dan terarah karena setiap anak merasa menjadi bagian dari kelompok tersebut.

 

D.    Refleksi Kegiatan

Tindakan dari kegiatan aksi nyata adalah sebagai berikut:

1.      Satu anak masih terlambat datang kesekolah selama 2 hari.

2.      Penanaman sebuah karakter dan keyakinan tidak serta merta langsung dapat dilihat seketika akan tetapi masih perlu proses sehingga untuk mencapai sebuag karakter perlu adanya konsistensi dan pengulangan yang berlanjut.

 

E.     Rencana Tindak Lanjut

Hal yang masih perlu diperbaiki dalam penerapan budaya positif dalam kegiatan aksi nyata saya adalah :

1.      Meningkatakan disiplin waktu

2.      Menginternalisasi keyakinan kelas ke dalam diri siswa agar menjadi sebuah karakter yang baik dengan teladan dan penggulangan pengulangan kegiatan positif.

 

F.     Dokumentasi


Membuat kesepakatan dengan menuliskan hal yang mereka harapkan dapat terwujud di kelas

 

 

 

 

 



Menempel kesepakatan kelas di kertas keyakinan kelas

 

 

Penandatangan keyakinan kelas

 


 

 



Best Team salah satu trik agar anak menjaga keyakinan kelas tentang kerja sama

Koordinasi dengan kepala sekolah mengenai aksi nyata

 

Kolaborasi bersama rekan sejawat


Dokumentasi pelaksanaan sosialisasi aksi nyata dalam bentuk video

https://www.youtube.com/watch?v=lv7QGo56W8M&t=23s



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar