BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Pendidikan
nasional bertujuan untuk mengembangkan
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3). Untuk mewujudkan tujuan pendidikan
nasional secara efektif dan efeisen diperlukan pendidikan yang
berkualitas.Pendidikan berkualitas adalah pendidikan yang dapat mengembangkan
seluruh potensi peserta didik sehingga membentuk insan yang berkarakter,
manusia yang cerdas baik secara intelektual, emosional maupun spiritual.
Fakta tentang kualitas
pendidikan di Indonesia berasal dari survey OECD (Organization for Economic
Cooperation and Development) dilansir dari BBC menyatakan bahwa kualitas
pendidikan di Indonesia menepati urutun ke 69 dari 76 negara. Dalam hal ini, dunia pendidikan
mempunyai andil yang cukup
besar dalam mendongkrak kualitas.
Pendidikan diharapkan mampu menyiapkan masyarakat Indonesia yang berkualitas
dan berkompeten sehingga mampu bersaing dengan
Negara lain.Pencapaian kesuksesan dalam dunia pendidikan
Indonesia tidak dapat dipisahkan dari kualitas tenaga pendidik atau PNS.
Pendidik yang berkualitas dan berkompeten akan mampu menghasilkan peserta didik
yang berkualitas dan berkompeten pula.
Pencanangan pendidikan karakterdimaksudkan untuk menjadi salah
satu jawaban terhadap beragam persoalan bangsa yang saat ini banyak dilihat,
didengar dan dirasakan, yang mana banyak persoalan muncul yang di indentifikasi
bersumber dari gagalnya pendidikan dalam menyuntikkan nilai-nilai moral
terhadap peserta didiknya. Hal ini tentunya sangat tepat, karena tujuan
pendidikan bukan hanya melahirkan insan yang cerdas, namun juga menciptakan
insan yang berkarakter kuat.
Diklat Pra Jabatan CPNS Golongan III
angkatan XVIII
yang diselenggarakan oleh Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah merupakan bentuk
nyata internalisasi nilai-nilai moral untuk
menyiapkanPNS yang mampu
mengaktualisasikan nilai-nilai tersebut di tempat kerja, sehingga tercipat
suatu lingkungan yang kondusif dan berdaya saing tinggi.
Pelaksanaan diklat prajabatan ini
bertujuan agar setiap peserta prajabatan mampu menginternalisasi dan mengaktualisasikan
nilai-nilai dasar profesi PNS, yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik,
komitmen mutu, dan anti korupsi (ANEKA) sebagai guru di SDN Giling 03 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati.
SD Negeri Giling 03
memiliki visi mewujudkan
Sumber Daya Manusia yg beriman dan bertaqwa, berilmu pengetahuan, kreatif,
terampil, dan berbudi pekerti luhur.
Sedang aktualisasi nilai-nilai dasar PNS belum terintegrasi (belum
terkoordinasi) di SD Negeri Giling 03. Oleh karenanya,
penulis membuat karya tulis yang berjudul “Aktualisasi Nilai-Nilai
Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi Di
SDNegeri Giling 03 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati”.
Melalui kegiatan aktualisai tersebut
diharapkan mampu menghasilkan pendidik berkarakter
yang
dilandasi nilai dasar ANEKA dan mampu melaksanakan tugas dan perannya secara
professional sehingga dapat menyiapkan peserta didik yang berkualitas.
B.
TUJUAN
Tujuan dari kegiatan
aktualisasi nilai-nilai dasar adalah
1. Memahami
nilai-nilai dasar yang harus dimilik seorang aparatur sipil negara (ASN)
2. Mengaktualisasikan
nilai akuntabilitas dalam kegiatan Pendidik di Sekolah Dasar.
3. Mengaktualisasikan
nilai nasionalisme dalam kegiatan Pendidik di Sekolah Dasar.
4. Mengaktualisasikan
nilai etika publik dalam kegiatan Pendidik di Sekolah Dasar.
5. Mengaktualisasikan
nilai komitmen mutu dalam kegiatan Pendidik di Sekolah Dasar.
6. Mengaktualisasikan
nilai anti korupsi dalam kegiatan Pendidik di Sekolah Dasar.
C.
MANFAAT
Manfaat dari kegiatan ini
adalah:
1. Meningkatkan
efektivitas, efesiensi, inovasi, serta mutu pelayanan pendidikan di SD Negeri Giling 03 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati.
2. Meningkatkan
pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik SD Negeri Giling 03 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati.
3. Meningkatkan
pemahaman dan internalisasi nilai dasar akuntabilitas,
nasionalisme, etika public, komitmen mutu, dan anti korupsi sebagai
landasan dalam menjalankan profesi sebagai guru kelas pertama
BAB II
TUGAS UNIT KERJA DAN
TUGAS PESERTA
A.
Identitas
Sekolah
Nama : SD Negeri Giling 03
Provinsi : Jawa Tengah
Otonomi : Kabupaten Pati
Kecamatan : Gunungwungkal
Desa : Giling
Alamat : Desa Giling
Kecamatan Gunungwungkal
Kabupaten Pati
Akreditasi :
B
B.
Visi,
Misi, dan Tujuan Sekolah
1.
Visi
Sekolah
“Terwujudnya
Sumber Daya Manusia yg beriman dan bertaqwa, berilmu pengetahuan, kreatif,
terampil, dan berbudi pekerti luhur“.
2.
Misi Sekolah
a.
Menumbuhkan ketaatan
siswa terhadap ajaran agama yg dianut sebagai kunci dalam peningkatan moral dan
budi pekerti yang luhur.
b.
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara
efektif dan efisien.
c.
Mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan ekstra
kurikuler.
d.
Mengembangkan pembelajaran yang bermakna, aktif,
kreatif, inovatif dan menyenangkan.
e.
Menumbuhkan semangat kekeluargaan pada seluruh
warga belajar.
f.
Menumbuhkan sikap mental, peduli terhadap diri
sendiri, sekolah, lingkungan, dan masyarakat sekitar.
3. Tujuan Sekolah :
Seiring
dengan rumusan visi dan misi di atas, serta tuntutan kebutuhan masyarakat, maka
tujuan pendidikan SDN Giling 03 yang akan dicapai dalam kurun waktu 4 (empat)
tahun adalah sebagai berikut:
a. Pencapaian Kompetensi Akademik
(Academic Competence Achievement):
1. Ketuntasan
belajar rata-rata peserta didik berdasarkan hasil penilaian yang dilaksanakan
oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah diatas kriteria ideal
ketuntasan 75%.
2. Rata-rata
nilai ulangan dan ujian akhir peserta didik untuk semua mata pelajaran minimal
7,00.
3. Mampu
menjadi finalis olimpiade mata pelajaran tingkat kabupaten.
4. Jumlah
lulusan yang melanjutkan, 100% diterima/lulus seleksi masuk ke sekolah
(SMP/MTs) favorit yang diminati baik lokal maupun nasional.
5. Seluruh
peserta didik pada akhir masa pendidikan di SDN
Giling 03, mampu mengoperasikan
komputer tingkat dasar terutama software
MS Word, MS Powerpoint, MS Excel dan Desain Grafis.
b. Pencapaian
Kompetensi Non-Akademik (Non Academic Competence)
Achievement):
1. Memiliki
keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (taat beribadah).
2. Jujur,
memiliki rasa kasih sayang yang tinggi terhadap sesama tanpa pandang bulu,
solidaritas yang tinggi, toleransi, disiplin dan kerja keras.
3. Memiliki
karakter nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.
4. Memiliki
motivasi dan komitmen yang tinggi untuk selalu berprestasi, mencapai keunggulan
dan kemajuan.
5. Berpola
hidup sehat dan memiliki kondisi fisik yang prima.
6. Menjadi
inspirator dan motivator di manapun mereka berada.
C.
Struktur Organisasi SD Negeri Giling 03



|
|
Struktur
Organisasi SD Negeri Giling 03 Kec. Gunungwungkal Kab. Pati
![]() |
D.
Tugas
ASN
Menurut
UU ASN No 5 Tahun 2014 Pasal 11, pegawai ASN bertugas:
1. melaksanakan
kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan
ketentuan peraturan perundang-undangan;
2. memberikan
pelayanan publik yang profesional dan berkualitas; dan
3. mempererat
persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Selain itu, ASN juga memiliki kode
etik berdasarkan
UU ASN No 5 Tahun 2014 Pasal 5 yaitu.
1.
Melaksanakan
tugasnya dengan jujur, bertanggung jawab, dan berintegritas tinggi
2.
Melaksanakan
tugasnya dengan cermat dan disiplin;
3.
Melayani
dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan;
4.
Melaksanakan
tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
5.
Melaksanakan
tugasnya sesuai dengan perintah atasan atau Pejabat yang Berwenang sejauh tidak
bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan etika
pemerintahan;
6.
Menjaga
kerahasiaan yang menyangkut kebijakan negara;
7.
Menggunakan
kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan
efisien;
8.
Menjaga
agar tidak terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya;
9.
Memberikan
informasi secara benar dan tidak menyesatkan kepada pihak lain yang memerlukan
informasi terkait kepentingan kedinasan;
10.
Tidak
menyalahgunakan informasi intern negara, tugas, status, kekuasaan, dan
jabatannya untuk mendapat atau mencari keuntungan atau manfaat bagi diri
sendiri atau untuk orang lain;
11.
Memegang
teguh nilai dasar ASN dan selalu menjaga reputasi dan integritas ASN; dan melaksanakan ketentuan peraturan
perundang-undangan mengenai disiplin Pegawai ASN
E.
Tugas
Guru
Menurut Peraturan
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 16
tahun 2009 pasal 13, rincian kegiatan guru kelas sebagai berikut:
a. Menyusun
kurikulum pembelajaran pada satuan pendidikan;
b. Menyusun
silabus pembelajaran;
c. Menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran;
d. Melaksanakan
kegiatan pembelajaran;
e. Menyusun
alat ukur soal sesuai mata pelajaran;
f. Menilai
dan mengevaluasi proses dan hasil belajar pada mata pelajaran di kelasnya;
g. Menganalisis
hasil penilaian pembelajaran;
h. Melaksanakan
pembelajaran perbaikan dan pengayaan dengan memanfaatkan hasil penilaian dan
evaluasi;
i.
Melaksanakan bimbingan
dan konseling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya;
j.
Menjadi pengawas
penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan
nasional;
k. Membimbing
guru pemula dalam program induksi;
l.
Membimbing siswa dalam
kegiatan ekstrakurikuler proses pembelajaran;
m. Melaksanakan
pengembangan diri;
n. Melaksanakan
publikasi ilmiah; dan
o. Membuat
karya inovatif.
BAB III
RANCANGAN AKTUALISASI
NILAI-NILAI DASAR PROFESI PNS
Kegiatan yang akan dilaksanakan
untuk mengaktualisasikan nilai dasar Akuntabilitas,
nasionalisme, etika public, komitmen mutu, dan anti korupsi
di SDNegeri Giling 03 Kecamatan Gunungwungkal
Kabupaten Pati adalah:
- Menyusun
Rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) berbasis
ICT (Information and Communication
Technologies)
- Melaksanakan
pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD) Super Hero
- Membuat
alat ukur pencapaian hasil belajar
- Mengoreksi
dan menilai pekerjaan siswa
- Melaksanakan Kegiatan “RABU BERSERI” (Bersih,
Rapi, Santun, Tertib)
- Melatih Kegiatan
Pramuka dengan GEMBIRA (gerak,
menyenangkan, Bernyanyi, bertepuk tangan)
- Melatih kegiatan upacara bendera
- Melaksanakan Kegiatan “Kapten Sehari”
- Melatih Kegiatan Ekstrakurikuler komputer
- Melaksanakan kegiatan Rolling in Class
- Melaksanakan Kegiatan
CILUNA (Cinta Lagu Nasional)
- Melaksanakan Kegiatan
Gemar Membaca
A.
KETERKAITAN
NILAI DASAR DENGAN KEGIATAN
Keterkaitan
kegiatan-kegiatan tersebut dengan Nilai dasar ANEKA tercantum pada Formulir 1
sebagai berikut.
Tabel 1. Keterkaitan
Nilai Dasar dengan Kegiatan (Formulir 1)
No.
|
Kegiatan
|
Nilai
Dasar
|
Uraian
Pelaksanaan Kegiatan
|
Analisis
dampak jika kegiatan tidak dilaksanakan
|
Bukti Pendukung
|
1
|
Menyusun Rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) berbasis ICT (Information and Communication Technologies)
|
Akuntabilitas
|
RPP merupakan
salah satu tugas pokok dan fungsi sebagai guru kelas.oleh karena itu, RPP
disusun dengan penuh rasa tanggung jawab.
Nilai dasar akuntabilitas: Tanggung Jawab
|
1.
Guru
tidak melaksanakan tupoksinya dengan tidak membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
2.
Kegiatan
pembelajaran tidak sistematis
3.
Guru
tidak memiliki pegangan dalam mengajar sehingga tujuan pembelajaran tidak
dapat tercapai secara optimal
4.
RPP
yang disusun tanpa menggunaka ICT terkesan monoton dan kurang menarik
|
1.
Dokumtasi
Foto
2.
RPP
|
Nasionalisme
|
Materi yang diberikan kepada semua
anak.
Nilai Dasar Nasionalisme: keadilan
|
||||
Etika Publik
|
RPP dibuat dengan
menggunakan bahasa yang santun dan
mudah dipahami serta mudah untuk
diaplikasikan.
Nilai Dasra Etika Publik:
Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika luhur
|
||||
Komitmen Mutu
|
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif
dan inovatif serta berupaya untuk mengadakan perbaikan berkelanjutan
Nilai dasar komitmen mutu: efektif,
inovatif, dan upaya perbaikan berkelanjutan.
|
||||
Anti
Korupsi
|
RPP disusun di luar jam pelajaran sehingga tidak
mengganggu pembelajaran yang sedang berlangsung.
Hal ini sesuai dengan
nilai dasar: Jujur
|
|
|
||
2.
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) Super Hero
|
Akuntabilitas
|
Menjelaskan
proses kegiatan pembelajaran pada siswa melalui model kooperatif tipe Student Team
Achievement Division (STAD).
Nilai
dasar akuntabilitas: Kejelasan
|
1.
Pembelajaran
kurang menarik dan monoton
2.
Pembelajaran
terpusat pada guru
3.
Peserta
didik menjadi pasif dalam pembelajaran
|
4.
Foto
5.
Materi
ajar
6.
Daftar
Hadir
|
Nasionalisme
|
Pembentukan Kelompok siswa model kooperatif tipe Student Team
Achievement Division (STAD) merupakan
bentuk kelompok heterogen yang telah ditentukan oleh guru.Setiap kelompok
beranggotakan 4-5 siswa yang terdiri dari siswa yang berkemampuan tinggi,
sedang dan rendah.Bila memungkinkan harus diperhitungkan juga latar belakang,
ras dan sukunya.
Nilai dasar nasionalisme: Menghargai Perbedaan dan kerja sama
Dengan menggunakan Prinsip Super hero maka pemberian nama kelompok
menggunakan nama pahlawan-pahlawan Indonesia.
Nilai dasar Nasionalisme:Semangat patriotisme
|
||||
Etika publik
|
Dalam pembelajaran guru menggunakan
kalimat yang mudah dipahami dan santun.
Nilai dasar etika publik: memelihara dan
menjujung tingga standar etika luhur
|
|
|||
Komitmen Mutu
|
Pembelajaran kooperatif STAD merupakan salah satu
inovasi pembelajaran, dari pembelajaran yang bersifat satu arah menjadi
pembelajaran berkelompok.
Nilai dasar komitmen mutu: kreatif dan inovatif
|
||||
Anti Korupsi
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi
waktu yang telah ditetapkan pada RPP.
Nilai dasar anti korupsi:Disiplin
|
|
|||
3.
|
Membuat alat
ukur pencapaian hasil belajar
|
Akuntabilitas
|
Membuat alat ukur dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan aturan.
Nilai dasar akuntabilitas: tanggung
jawab
|
1.
Soal
tidak sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan sehingga tidak dapat mengukur
kemampuan siswa.
|
1.
Foto
2.
Butir
Soal
|
Nasionalisme
|
Alat ukur diberikan kepada seluruh siswa
tanpa membeda-bedakan siswa
Nilai dasar nasionalisme: non
diskriminasi
|
||||
Etika publik
|
Membuat kalimat dalam alat ukur pencapaian hasil belajar dengan
menggunakan kata baku dan kalimat efektif.
Nilai dasar etika publik: Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika luhur
|
||||
Komitmen Mutu
|
Penilaian hasil belajar oleh pendidik
didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
Nilai dasar
komitmen mutu: efektif
|
|
|||
Anti Korupsi
|
Tidak menerima gratifikasi untuk mengubah
soal.
Nilai dasar
anti korupsi: jujur
|
||||
4.
|
Mengoreksi dan
menilai pekerjaan siswa
|
Akuntabilitas
|
Memberikan penilaian pada hasil
pekerjaan siswa, baik hasil berkelompok maupun individu sesuai dengan hasil
pekerjaan siswa. Guru memberikan penilaian hasil pekerjaan siswasecara jujur
dan transparan.
Nilai dasar akuntabilitas: Transparan
|
1.
Guru tidak
dapat mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
|
1.
Foto
2.
Hasil
pekerjaan peserta didik
3.
Rekap
Nilai
|
Nasionalisme
|
Guru
memberikan penilaian secara adil kepada peserta didik
Nilai dasar nasionalisme: adil
|
||||
Etika Publik
|
Memberikan
penilaian dengan segera secara dan memberikan
hasilnya kepada siswa dengan secepatnya.
Nilai
dasar etika publik: memberikan
layanan kepada publik secara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya
guna, berhasil guna, dan santun
|
||||
Komitmen Mutu
|
Memberikan
penilaian sesuai dengan pedoman nilai yang sudah dibuat.
Nilai dasar komitmen mutu: komitmen
|
||||
Anti Korupsi
|
Melakukan
penilaian secara jujur, terbuka, dan adil tanpa membeda-bedakan suku, ras,
agama dan golongan.
Nilai dasar anti korupsi: Jujur,
Terbuka, Adil
|
||||
5.
|
Melaksanakan Kegiatan “RABU BERSERI” (Bersih, Rapi,
Santun, Tertib)
|
Akuntabilitas
|
Kegiatan
Rabu Berseri dilaksanakan secara konsisten pada hari Rabu
Nilai
dasar akuntabilitas: konsistensi
|
1. Kurangnya
kontol atau pengawasan kepada peserta didik menjadikan anak kurang
memperhatikan kebersihan, kerapian, sopan santun dan ketertiban dalam
melaksanakan kegiatan.
|
1. Foto
|
Nasionalisme
|
Kegiatan
RABU BERSERI dilaksanakan peserta didik secara bersama-sama dengan saling
membantu dan penuh kekompakan.
Nilai
dasar nasionalisme: kerja sama
|
||||
Etika
Publik
|
Mendorong peserta didik untuk bersama-sama
bekerja dan ikut serta dalam kegiatan RABU BERSERI.
Nilai
dasar etika
publik: Mendorong Kesetaraan
|
|
|||
Komitmen Mutu
|
Melaksanakan RABU BERSERI untuk menciptakan suasana
kelas yang bersih dan rapi, menjunjung sopan santun, tertib dalam bersikap
sehingga membuat nyaman warga kelas.
Nilai
dasar komitmen
mutu: menyentuh hati
|
||||
6.
|
Melatih Kegiatan Pramuka dengan
GEMBIRA (gerak, menyenangkan, Bernyanyi, bertepuk tangan)
|
Akuntabilitas
|
Memberikan keteladanan atau contoh (lead by example) pada peserta didik
dalam memberikan sebuah perintah/intruksi secara tepat.
Nilai dasar akuntabilitas: Kepemimpinan
|
1.
Terkikisnya
semangat Nasionalisme dan rasa cinta tanah air
2.
Pengetahuan
anak akan kegiatan pramuka menjadi sangat dangkal padahal kegiatan pramuka
sangat bagus dalam upaya pembentukan karakter pada peserta didik
3.
Ketertiban
anak dalam baris menjadi rendah
4.
Tingkat
kedisiplinan peserta didik menjadi rendah. Penanaman disiplin merupakan salah
satu penanaman moral pada peserta didik dalam kegiatan pramuka
|
1.
Foto
2.
Materi
Kegiatan
|
Nasionalisme
|
Memupuk rasa solidaritas, kesetiakawanan, semangat
bekerja sama dengan mengahayati dalam melaksanakan kegiatan.
Nilai dasar nasionalisme: kerja sama
|
||||
Etika Publik
|
Mendampingi
pelatihan pramuka dengan menggunakan seragam pramuka
Nilai dasar Etika Publik: Memelihara
dan menjunjung tinggi standar etika luhur
|
||||
Komitmen Mutu
|
Melatih kegiatan pramuka dengan prinsip Pramuka
Gembira. Belajar disertai dengan gerak, menyanyi dan bertepuk sehingga
tercipta suasana yang menyenangkan dalam kegiatan pramuka.
Nilai dasar komitmen mutu: kreatif dan Inovatif
|
||||
Anti Korupsi
|
Kegiatan pramuka diselenggarakan secara gratis tidak
menarik iuran pada peserta didik
Nilai dasar anti korupsi: Jujur
|
||||
7.
|
Melatih kegiatan upacara bendera
|
Akuntabilitas
|
Memberikan tugas pada peserta didik untuk menjadi
petugas upacara dengan penuh rasa percaya bahwa mereka dapat menjalankan
tugasnya dengan baik dan berhasil.
Nilai dasar akuntabilitas: Kepercayaan
|
1.
Kurangnya
kesiapan petugas upacara dalam menjalankan tugas
2.
Pelaksanaan
kegiatan upacara berlangsung kurang rapi, kurang tertib, dan kurang khidmat.
|
1.
Foto
|
Nasionalisme
|
Memupuk semangat rasa nasionalisme, rasa bangga,
rasa memiliki sebagai bangsa Indonesia dengan ikut serta dalam kegiatan
upacara Hari Senin.
Nilai dasar nasionalisme: cinta tanah air
|
||||
Etika Publik
|
Memberikan instruksi dengan intonasi yang tepat dan
aba-aba yang sesuai, serta bersikap ramah santun, dan bersahaja.
Nilai dasar etika luhur: Memelihara dan menjunjung tinggi nilai etika
luhur
|
||||
Komitmen Mutu
|
Latihan kegiatan upacara dilaksanakan sesuai dengan
tahapan-tahapan pelaksanaan upacara. Melatih petugas upacara dengan tepat dan
benar sehingga dalam pelaksanaanya kegiatan upacara berlangsung secara tertib
dan khidmat
Nilai dasar Komitmen mutu: upaya berkelanjutan
|
||||
8.
|
Melaksanakan Kegiatan “Kapten Sehari”
|
Akuntabilitas
|
Menjelaskan aturan main bagi yang bertugas menjadi Kapten Sehari
sehingga siswa tidak merasa kebingungan.
Nilai dasar akuntabilitas: kejelasan
|
1.
Peserta
didik sering berebut untuk tidak menjadi pemimpin dalam sutau kegiatan dengan
alasan mereka malu dan tidak percaya diri.
|
1.
Foto
2.
Daftar
nama anak yang menjadi Kapten Kelas
|
Nasionalisme
|
Setiap anak pada gilirannya akan memperoleh kesempatan yang sama untuk
menjadi kapten sehari
Nilai dasar nasionalisme: keadilan
|
||||
Etika Publik
|
Menggunakan bahasa yang santun dalam memberikan
tugas.
Nilai dasar etika publik: memelihara dan menjunjung
tinggi etika luhur
|
|
|||
Komitmen Mutu
|
Membentuk mental dan rasa percaya diri pada anak secara
efektif. Menanamkan sifat mampu menjadi pemimpin. Ketercapaian kegiatan ini
dilihat dari sifat anak yang berani tampil di depan dan menjadi Kapten Sehari
Nilai dasar komitmen mutu: efektif
|
|
|||
9.
|
Melatih Kegiatan Ekstrakurikuler computer
|
Akuntabilitas
|
Memberikan tugas dengan jelas kepada peserta didik
tentang langkah-langkah dalam kegiatan yang akan dilakukan
Nilai dasar akuntabilitas: kejelasan
|
1.
Peserta
didik akan menjadi insan yang gaptek (gagap teknologi), tidak renponsif
terhadap perkembangan zaman (out of
date). Tuntutan perekembangan zaman saat ini menuntut peserta didik untuk
melej teknologi dan up to date
terhadap informasi dan teknologi
|
1.
Foto
2.
Daftar
nama anak
3.
Daftar
hadir
4.
Bahan
ajar
|
Nasionalisme
|
Memberikan pelayanan yang sama pada peserta didik tanpa
membeda-bedakan ras suku dan agama.
Nilai dasar nasionalisme: menghargai perbedaan
|
||||
Etika Publik
|
Berkomunikasi dengan peserta didik menggunakan bahasa ramah dan santun
Nilai dasar etika public: memelihara dan menjunjung standar etika
luhur
|
||||
Komitmen Mutu
|
Membuat bahan ajar computer yang dapat diselesaikan
secara tepat waktu sesuai dengan tujuan kegiatan dihari tersebut.
Nilai dasar komitmen mutu: berkualitas
|
||||
Anti Korupsi
|
Tidak menarik pungutan atau imbalan kepada siswa dalam bentuk apapun.
Nilai dasar anti korupsi: jujur
|
||||
10.
|
Melaksanakan kegiatan Rolling in Class
|
Akuntabilitas
|
Kegiatan Rolling
in class ini dilaksanakan setiap hari Senin secara konsisten
Nilai dasar akuntabilitas: Konsistensi
|
1.
Siswa
akan merasa jenuh karena tempat duduk yang sama dalam jangka waktu yang lama.
2.
Dampak
jangka panjang merusak penglihatan mata
3.
Terjadinya
suatu kelompok social “Kamu Bukan Bagian dari Aku” yang pada akhirmya akan
menimbulkan gap/kesenjangan diantara warga kelas
|
1.
Foto
2.
Denah
tempat duduk anak
|
Nasionalisme
|
Setiap peserta didik mempunyai kesempatan dan
peluang yang sama untuk menduduki tempat duduk tertentu. Urutan tempat duduk
berdasarkan nomor undian yang didapatkan peserta didik
Nilai dasar nasionalisme: Keadilan
|
||||
Etika Publik
|
Memberikan arahan/intruksi kepada peserta didik
dengan tanggap, ramah, dan santun.
Nilai dasar etika publik: Memelihara dan menjunjung
tinggi standar etika luhur
|
||||
Komitmen Mutu
|
Melaksanakan kegiatan Rolling in Class dengan cepat dant tepat, tidak mengulur-ulur
waktu (terjadi pemborosan waktu)
Nilai dasar komitmen mutu: efesiensi
|
|
|||
11.
|
Melaksanakan kegiatan CILUNA (Cinta Lagu Nasional)
|
Akuntabilitas
|
Melaksanakan kegiatan CILUNA secara konsisten pada
hari Selasa sebelum pelajaran dimulai.
Nilai dasar akuntabilitas: Konsistensi
|
1.
Siswa
akan lupa terhadap syair dan lirik lagu-lagu nasional.
|
1.
Foto
|
Nasionalisme
|
Memupuk semangat nasionalime anak dengan menyanyikan
lagu-lagu nasional.
Nilai dasar nasionalisme: cinta tanah air,
patriotisme
|
||||
Etika Publik
|
Menyanyikan lagu-lagu nasional dengan khidmat.
Nilai Dasar Etika Publik: Menjujung tinggi standar
nilai-nilai Etika Luhur
|
||||
Komitmen Mutu
|
Melaksanakan kegiatan CILUNA dengan tujuan agar
anak-anak dapat menghafal dan memahami lagu-lagu nasional.
Nilai Dasar Komitmen Mutu: berkualitas
|
||||
12.
|
Melaksanakan kegiatan Gemar Membaca
|
Akuntabilitas
|
Memberikan tanggung jawab kepada anak untuk membaca
di ruang perpustakaan bersama dengan temannya.
Nilai dasar akuntabilitas: Tanggung Jawab
|
1.
Semakin
terkikisnya budaya membaca pada anak.
|
2.
Foto
|
Nasionalisme
|
Kegiatan Gemar Membaca ditujukan kepada semua siswa
tanpa terkecuali.
Nilai dasar nasionalisme: non diskriminatif
|
||||
Etika Publik
|
Menemani siswa dalam kegiatan Gemar Membaca dengan
tulus.
Nilai dasar etika public: Menyentuh hati
|
||||
Komitmen Mutu
|
Menciptakan suasana yang tenang sehingga Kegiatan
Gemar Membaca berjalan dengan baik dan lancar.
Nilai Dasar Komitmen Mutu: Berkualitas
|
||||
Anti Korupsi
|
Mengembalikan buku setelah selesai dibaca.
Nilai dasar Anti Korupsi: Jujur
|
B.
TEKNIK AKTUALISASI NILAI DASAR
Penggunaan
teknik sebagai alat untuk menerapkan nilai dasar penting untuk diungkapkan
karena secara teknis dapat memperjelas cara Peserta Diklat Prajabatan
mengaktualisasikan nilai-nilai dasar Aparatur Sipil Negara.
Tabel 2. Teknik
Aktualisasi Nilai Dasar (Form.2)
NO
|
NILAI
DASAR DAN TEKNIK AKTUALISASI
|
URAIAN
PENGGUNAAN TEKNIK AKTUALISASI NILAI DASAR DAN
MANFAATNYA BAGI PIHAK LAIN DAN KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
|
1
|
2
|
3
|
1
|
Kegiatan
Menyusun Rancangan pelaksanaan
pembelajaran (RPP) berbasis
ICT (Information and Communication Technologies)
Nilai Dasar :
Akuntabilitas
(Tanggung
Jawab)
Nasionalisme
(Keadilan)
Etika
Publik
(menjunjung
tinggi etika luhur)
Komitmen
Mutu
(efektif, inovatif, dan upaya perbaikan
berkelanjutan)
Anti
Korupsi
(Jujur)
Teknik
:
Berpikir Kreatif
|
A. URAIAN KEGIATAN
Sesuai dengan
permendiknas nomor 41 tahun 2007 tantang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP
dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik
dalam upaya mencapai komoetensi dasar. Adapun komponen dalam menyusun RPP
adalah sebagai berikut: identitas mata pelajaran, standar kompetensi,
kompetensi dasar, indicator pencapian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi
ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian
hasil belajar dan sumber belajar. Komponen tersebut merupakan hal yang harus
ada dalam sebuah RPP.
Menyusun Rancangan
pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT dalam hal ini mempunyai arti bahwa
dalam menyusun RPP memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi yang
relevan dan sesuai dengan kebutuhan.
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Tujuan pembelajaran dapat diterima peserta didik
dengan baik dan terarah
2.
Sebagai bahan referensi bagi rekan guru apabila
membutuhkan RPP yang sesuai dengan materi.
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Kegiatan menyusun Rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis ICT
(Information and Communication
Technologies) mempunyai keterkaitan
dengan misi sekolah yaitu d) Mengembangkan pembelajaran
yang bermakna, aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Untuk mengembangkan
pembelajaran yang bermakna, aktif, kreatif dan menyenangkan diperlukan RPP
yang sesuai agar pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan Rencana yang
telah dibuat.
|
2
|
Kegiatan
Melaksanakan pembelajaran dengan model kooperatif
tipe Student
Team Achievement Division (STAD) Super Hero
Nilai Dasar :
Akuntabilitas
(Kejelasan)
Nasionalisme
(Menghargai Perbedaan, kerja sama, Semangat patriotisme)
Etika Publik
(Memelihara dan menjujung tingga standar etika
luhur)
Komitmen Mutu
(Kreatif dan inovatif)
Anti
Korupsi
(Disiplin)
Teknik :
Kooperatif
|
A. URAIAN KEGIATAN
Pembelajaran Koperatif tipe STAD
merupakan pembelajaranCooperative Learning yang menekankan pada aktivitas dan
interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam
menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Menurut Slavin (dalam Noornia, 1997:
21) ada lima komponen utama dalam pembelajaran kooperatif metode Student Team Achievement Division (STAD): Penyajian Kelas, Menempatkan
siswa dalam kelompok, tes dan kuis, Skor peningkatan individual, Pengakuan
kelompok. (diakses dari: http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.co.id/2012/08/student-team-achievement-division-stad_3721.html)
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Dinamika kelompok lebih variatif.
2.
Kuis yang terdapat pada langkah pembelajaran
membuat siswa termotivasi
3.
Adanya penghargaan dari guru,
sehingga siswa lebih termotivasi untuk aktif dalam pembelajaran
4.
Dapat dijadikan salah
satu referensi dalam menggunakan model pembelajaran STAD bagi rekan guru.
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Melaksanakan pembelajaran
dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) Super Hero
mempunyai keterkaitan dengan misi sekolah pada poin d yaitu mengembangkan
pembelajaran yang bermakna, aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.
Pembelajaran
STAD menekankan interaksi secara aktif dan
positif dan kerjasama anggota kelompok menjadi lebih baik,
menuntut guru untuk mengembangkan keterampilan dalam berinovasi sehingga akan
tercipat suatu pembelajaran yang menyenangkan.
|
3
|
Kegiatan
Membuat alat ukur pencapaian hasil belajar
Nilai Dasar :
Akuntabilitas
(tanggung jawab)
Nasionalisme
(tidak membeda-bedakan/nondiskriminasi)
Etika Publik
(Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika luhur)
Komitmen Mutu
(Efektif)
Anti Korupsi
(Jujur)
Teknik :
Tepat dan Teliti
|
A. URAIAN KEGIATAN
Alat ukur pencapaian
hasil belajar digunakan guru sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman
siswa akan materi pembelajaran. Bentuk dari alat tersebut dapat berupa soal
tertulis atau non tertulis. Pembuatan alat ukur pencapaian hasil belajar
mengacu pada tingkatan kognitif taxonomi bloom. Menurut Sudrajat dalam (https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2008/01/revisi-taksonomi-bloom.pdf)
Ada 6 tingkatan kogintif
menurut taxonomi bloom: Pengetahuan (C 1), Pemahaman (C 2), Aplikasi (C 3),
Analisis (C 4), Evaluasi (C5), dan
Sintesis (C6).
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Memudahkan guru untuk menentukan tingkat pemahaman siswa atau pemberian
nilai pada siswa
2.
Memudahkan guru untuk menentukan tindak lanjut
dalam pembelajaran.
3.
Memberikan refleksi pada anak terhadap materi
yang telah disampaikan.
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Membuat alat ukur pencapaian hasil belajar mempunyai keterkaitan
dengan tujuan sekolah yaitu yang terdapat pada penjabaran akademik tujuan
sekolah poin a yang berbunyi Ketuntasan belajar rata-rata peserta didik berdasarkan hasil penilaian
yang dilaksanakan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah diatas
kriteria ideal ketuntasan 75%.
|
4
|
Kegiatan
Mengoreksi dan menilai pekerjaan siswa
Nilai Dasar:
Akuntabilitas
(transparansi)
Nasionalisme
(adil)
Etika Publik
(memberikan
layanan kepada publik secara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya
guna, berhasil guna, dan santun)
Komitmen Mutu
(Komitmen)
Teknik:
Keakuratan
|
A. URAIAN KEGIATAN
Kegiatan mengoreksi dan
menilai pekerjaan merupakan langkah pembelajaran yang bertujuan untuk
mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan oleh
guru. Dalam pelaksanaannya guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa dengan
membandingkan jawaban siswa dengan kunci jawbaan yang dibuat oleh guru.
Memberikan penilain berdasarkan dengan pedoman penskoran yang sudah dibuat
sebelumnya.
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Siswa diperlakukan secara adil karena penilaian
bersifat objektif dan transparan
2.
Memberikan seamangat peserta didik untuk terus
belajar agar mendapatkan hasil yang memuaskan
3.
Sebagai bentuk laporan prestasi siswa kepada
orang tua dan kepala sekolah.
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Mengoreksi dan menilai pekerjaan siswa mempunyai keterkaitan
dengan tujuan sekolah yaitu terdapat pada penjabaran akademik tujuan sekolah
poin a yang berbunyi Ketuntasan
belajar rata-rata peserta didik berdasarkan hasil penilaian yang dilaksanakan
oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah diatas kriteria ideal
ketuntasan 75%.
|
5
|
Kegiatan
Melaksanakan Kegiatan “RABU BERSERI” (Bersih, Rapi,
Santun, Tertib)
Nilai Dasar:
Akuntabilitas
(konsistensi)
Nasionalisme
(kerja sama)
Etika
Publik
Mendorong kesetaraan
Komitmen
mutu
Menyentuh
hati
Teknik:
Pembiasaan
|
A. URAIAN KEGIATAN
Rabu berseri adalah
kegiatan untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada peserta didik. Kegiatan Rabu Berseri dapat dijadikan salah satu alat pembentukankarakter bagi warga sekolah. Dilaksanakan setiap hari rabu sebelum bel masuk berbunyi. Kegiatan ini meliputi
Bersih dalam lingkungan kelas dan sekolah, Rapi dalam hal berpakaian, santun
dalam bersikap, dan tertib dalam berbaris sebelum masuk kelas.
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Mendidik siswa untuk sadar akan pentingnya kebersihan, kerapian,
saling bertegur sapa antara warga sekolah dan ketertiban dalam melaksanakan
kegiatan
2.
Terciptanya lingkungan belajar yang nyaman
sehingga warga kelas merasa nyaman di dalam kelas
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Melaksanakan Kegiatan
“RABU BERSERI” (Bersih, Rapi, Santun, Tertib) mempunyai keterkaitan dengan
misi SD Negeri Giling 03 yaitu f) Menumbuhkan sikap
mental, peduli terhadap diri sendiri, sekolah, lingkungan, dan masyarakat
sekitar. Kegiatan Rabu Berseri mempunyai nilia-nilai yang terdapat pada misi
sekolah tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan mental anak yang
peduli terhadap lingkungan
|
6
|
Kegiatan
Melatih Kegiatan
Pramuka dengan GEMBIRA (Gerak, menyenangkan,
Bernyanyi dan Bertepuk Tangan)
Nilai Dasar:
Akuntabilitas
(Kepemimpinan)
Nasionalisme
(kerja sama)
Etika Publik
(Memelihara
dan menjunjung tinggi standar etika luhur)
Komitmen mutu
(kreatif dan inovatif)
Anti Korupsi
(Jujur)
Teknik:
(Kepemimpinan
memberi contoh)
Lead by
Example
|
A. URAIAN KEGIATAN
Pramuka merupakan
ekstrakurikuler wajib di SD Negeri Giling 03 yang dilaksanakan pada hari
Jumat pukul 14.00-16.00 WIB. Melatih kegiatan pramuka dengan GEMBIRA (Gerak,
menyenangkan, Bernyanyi dan Bertepuk Tangan) merupakan suatu bentuk inovasi
dengan mengoptimalkan kembali kegiatan pramuka sesuai dengan esensi dan
fitrahnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan pramuka pada
anak dan menghilangkan stigma negative tentang pramuka yang identic dengan
panas dan baris berbaris. Oleh karena itu, dalam satu kali pertemuan dalam
pramuka GEMBIRA ini mengakomodir kegiatan yang bersubstansi gerak, bernyanyi
dan bertepuk tangan sehingga pramuka menjadi menyennagkan.
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Menanamkan kecintaan terhadap kegiatan pramuka
pada diri anak
2.
Menumbuhkan semangat nasionalisme dan bangga akan
cinta tanah air karena nilai-nilai yang terkandung dalam pramuka sesuai
dengan jati diri bangsa Indonesia
3.
Sebagai wadah aktualisasi potensi anak.
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Melatih Kegiatan Pramuka dengan GEMBIRA (Gerak, menyenangkan,
Bernyanyi dan Bertepuk Tangan) mempunyai keterkaitan dengan misi SD Negeri
Giling 03 pada poin c) mengembangkan
potensi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler
pramuka diharapkan mampu untuk mengembangkan dan menyalurkan potensi dan
bakat peserta didik.
|
7
|
Kegiatan
Melatih kegiatan upacara bendera
Nilai Dasar:
Akuntabilitas
(Kepercayaan)
Nasionalisme
(cinta tanah air)
Etika Publik
(Memelihara
dan menjunjung tinggi standar etika luhur)
Komitmen mutu
(upaya berkelanjutan)
Teknik:
Kerapian
|
A. URAIAN KEGIATAN
Melatih kegiatan upacara
bendera dilaksanakan setiap hari Sabtu sepulang sekolah pukul 12.00-13.00.
kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan petugas upacara agar dapat
menjalankan tugasnya dengan benar dan tepat.
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Melatih peserta didik untuk terampil dalam
melaksanakan tugasnya sebagai petugas upacara.
2.
Memupuk semangat nasionalisme peserta didik
dengan menjalankan tugas sebagai petugas upacara dengan penuh tanggung jawab.
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Melatih kegiatan upacara
benderamempunyai keterkaitan dengan tujuan sekolah bidang non akademik yaitu Memiliki karakter nasionalisme dan patriotisme
yang tinggi.
Kegiatan melatih upacara bendera diharapkan mampu membangkitkan semangat
nasionalisme dan patriotisme yang tinggi pada diri anak.
|
8
|
Kegiatan
Melaksanakan Kegiatan “Kapten Sehari”
Nilai Dasar:
Akuntabilitas
(Kejelasan)
Nasionalisme
(Keadilan)
Etika Publik
(Memelihara
dan menjunjung tinggi standar etika luhur)
Komitmen mutu
(efektif)
Teknik:
Kepemimpinan
|
A. URAIAN KEGIATAN
Kapten Sehari merupakan
kegiatan yang dapat memupuk jiwa kepemimipinan anak. Kegiatan ini berprinsip
“setiap anak bisa menjadi pemimpin”. Tugas kapten sehari adalah memimpin
kegiatan yang berlangusng pada hari itu. Kegiatan dilaksanakan secara
bergilir sesuai dengan urutan absen peserta didik.
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Mendidik siswa untuk menjadi seorang pemimpin.
2.
Kelas menjadi lebih tertib/teratur
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Melaksanakan Kegiatan
“Kapten Sehari” mempunyai keterkaitan yaitu Menumbuhkan
semangat kekeluargaan pada seluruh warga belajar. Kegiatan ”Kapten Sehari”
ini bertujuan agar setiap anak merasa memiliki dan menjadi bagian dari warga
kelas. Karena setiap akan diberi tugas untuk menjadi pemimpin kelas (kapten).
Oleh karena itu, kegiaatan ini mampu menumbuhkan semangat kekeluargaan pada
seluruh warga belajar.
|
9
|
Kegiatan
Melatih Kegiatan Ekstrakurikuler Komputer
Nilai Dasar:
Akuntabilitas
(Kejelasan)
Nasionalisme
(Menghargai perbedaan)
Etika Publik
(Memelihara
dan menjunjung tinggi standar etika luhur)
Komitmen mutu
(efektif dan efesien)
Anti Korupsi
(Jujur)
Teknik:
Praktek
|
A. URAIAN KEGIATAN
Kegiatan Ekstrakurikuler
komputer dilaksanakan pada hari selasa setelah pulang sekolah dari pukul
12.05-13.05 WIB. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak mampu mengoperasikan komputer tingkat dasar
terutamasoftware MS Word, MS
Powerpoint, MS Excel. Belajar komputer tingkat dasar dengan mengenali
dan mengetahui fungsi software, hardware pada sebuah komputer sebelum
kepemrosesan data. Materi kegiatan ini
disediakan oleh guru yang disesuaikan dengan tingkatan kemampuan anak
mengoperasikan komputer.
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Memberikan pengalaman nyata pada anak tentang
pengoperasian komputer.
2.
Meningkatkan keterampilan dalam pengoperasian
computer.
3.
Mengikutiperkembangan zaman yang mengaruskan
insan modern lebih tanggap dan melek terhadap teknologi komunikasi.
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Melatih Kegiatan
Ekstrakurikuler Komputer mempunyai kaitan dengan tujuan sekolah yaitu Seluruh peserta didik pada akhir masa pendidikan
di SDN Giling 03, mampu mengoperasikan komputer tingkat
dasar terutama software MS Word, MS
Powerpoint, MS Excel dan Desain Grafis. Kegiatan ekstrakurikuler komputer ini
diharapkan mampu untuk mencapai tujuan SD Negeri Giling 03.
|
10
|
Kegiatan
Melaksanakan kegiatan Rolling in Class
Nilai Dasar:
Akuntabilitas
(Konsistensi)
Nasionalisme
(Keadilan)
Etika Publik
(Memelihara
dan menjunjung tinggi standar etika luhur)
Komitmen mutu
(efesien)
Teknik:
Undian
|
A. URAIAN KEGIATAN
Kegiatan Rolling in class adalah kegiatan
rotasi atau perputaran tempat duduk peserta didik dengan cara mengambil
undian. Adapun langkah kegiatan dalam rolling in class adalah sebagai
berikut: meja bertuliskan nomor urut 1-17, peserta didik mengambil undian di
depan kelas. Nomor undian itulah yang menentukan posisi tempat duduk peserta
didik.
Kegiatan Rolling in Class ini dilaksanakan
setiap hari Senin secara konsisten.
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Menghindari kejenuhan peserta didik
2.
Menghindari adanya kelompok social yang kurang
bermannfaat (genk)
3.
Menjaga kesehatan mata peserta didik.
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Melaksanakan kegiatan Rolling in Class mempunyai keterkaitan
dengan misi sekolah yaitu menumbuhkan semangat
kekeluargaan pada seluruh warga belajar. Kegiatan ini diharapkan mampu
mengkikis dinamika kelompok yang kurang bermanfaat bagi anak. Sehingga
tercipta kekompakan sesama warga belajar
|
11
|
Kegiatan
Melaksanakan kegiatan CILUNA (Cinta Lagu Nasional)
Nilai Dasar:
Akuntabilitas
(Konsistensi)
Nasionalisme
(cinta tanah air, patrotisme) Etika Publik
(Memelihara
dan menjunjung tinggi standar etika luhur)
Komitmen mutu
(berkualitas)
Teknik:
Praktek
|
A. URAIAN KEGIATAN
CILUNA (Cinta Lagu
Nasional) merupakan wadah bagi anak untuk menumbuhkan semangat nasionalisme
dan ptriotisme serta bangga akan tanah air Indonesia melalui kegiatan
bernyanyi bersama-sama. Kegiatan ini bertujuan agar semakin lestarinya
lagu-lagu nasional mengingat saat sekarang ini banyak anak yang sudah lupa
syair dan lirik lagu-lagu nasional.
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Pembendaharaan lagu nasional untuk dinyanyikan
semakin bertambah banyak
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Melaksanakan kegiatan
CILUNA (Cinta Lagu Nasional) mempunyai keterkaitan dengan tujuan sekolah
yaitu Memiliki
karakter nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.
|
12
|
Kegiatan
Melaksanakan kegiatan Gemar Membaca
Nilai Dasar:
Akuntabilitas
(tanggung jawab)
Nasionalisme
(non diskriminatif)
Etika Publik
(menyentuh hati)
Komitmen mutu
(berkualitas)
Anti Korupsi
(jujur)
Teknik:
Praktek
|
A. URAIAN KEGIATAN
Gemar Membaca merupakan
kegiatan yang dilaksanakan di Perpustakaan bertujuan agar budaya membaca
semakin diminati peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan 15 menit pada saat
istirahat. Anak-anak diminta untuk membaca bahan bacaan yang ringan sesuai
dengan minatnya. Guru berfungsi sebagai fasilitator, memfasilitasi anak-anak
apabila menemui kata-kata yang sulit dimengerti. Setelah anak-anak selesai
membaca anak-anak diminta untuk bercerita isi bacaan dengan bahasa mereka.
B.
MANFAAT KEGIATAN
1.
Menumbuhkan budaya baca kepada anak.
2.
Memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada
disekolah.
C. KETERKAITAN DENGAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
Melaksanakan kegiatan Gemar Membaca mempunyai keterkaitan dengan visi
sekolah yaitu “Terwujudnya Sumber Daya Manusia yg
beriman dan bertaqwa, berilmu pengetahuan, kreatif, terampil, dan berbudi
pekerti luhur“.
|
D. JADWAL
PELAKSANAAN KEGIATAN
Jadwal Kegiatan program
aktualisasi adalah sebagai berikut:
Tabel 1.3
Jadwal Pelaksanaan
Aktualisasi
No
|
Kegiatan
|
September
|
Oktober
|
|||||||||||||||
19
Sabtu
|
20
minggu
|
21
Senin
|
22
Selasa
|
23
Rabu
|
24
Kamis
|
25
Jumat
|
26
Sabtu
|
27
|
28
Senin
|
29
Selasa
|
30
Rabu
|
1
Kamis
|
2
Jumat
|
3
Sabtu
|
4
minggu
|
5
Senin
|
||
1
|
Menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis ICT (Information
and Communication Technologies)
|
√
|
Hari Minggu
|
Libur Hari Raya Idul Adha
|
Hari Minggu
|
|
Hari Minggu
|
|
||||||||||
2
|
Melaksanakan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Team
Achievement Division (STAD) Super Hero
|
|
|
√
|
|
|
||||||||||||
3
|
Membuat alat ukur pencapaian hasil belajar
|
|
√
|
|
|
|
|
|||||||||||
4
|
Mengoreksi dan menilai pekerjaan siswa
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
5
|
Melaksanakan Kegiatan “RABU BERSERI” (Bersih, Rapi, Santun, Tertib)
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
6
|
Melatih Kegiatan Pramuka dengan GEMBIRA (gerak, menyenangkan,
Bernyanyi, bertepuk tangan)
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
7
|
Melatih kegiatan upacara bendera
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|||||||||
8
|
Melaksanakan Kegiatan “Kapten Sehari”
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|||||
9
|
Melatih Kegiatan Ekstrakurikuler komputer
|
|
√
|
|
|
|
|
|||||||||||
10
|
Melaksanakan kegiatan Rolling in Class
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
11.
|
Melaksanakan Kegiatan CILUNA (Cinta Lagu
Nasional)
|
|
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Melaksanakan Kegiatan Gemar Membaca
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Menyusun
Laporan Aktualisasi
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
BAB IV
CAPAIAN AKTUALISASI
NILAI DASAR
A.
PELAKSANAAN
AKTUALISASI
Pelaksanaan aktualisasi nilai dasar
Pegawai Negeri Sipil guru kelas SD Negeri Giling 03 Kecamatan gunungwungkal
Kabupaten Pati dilaksanakan 12 kegiatan dalam jangka waktu 13 hari kerja yaitu
tanggal 19 September 2015 sampai dengan 5 Oktober 2015. Berikut adalah
ringkasan hasil aktualisasi Nilai Dasar Pegawai Negeri Sipil:
Tabel
4.1 Hasil Aktualisasi Nilai Dasar Pegawai Negeri Sipil
No.
|
Rincian
Kegiatan
|
Output
|
Bukti
|
Waktu
|
1.
|
Menyusun
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis ICT (Information and Communication
Technologies)
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan Standar
Kompetensi dan Kompetensi dasar dengan memanfaatkan teknologi dalam
penyusunannya.
|
1.
RPP
2.
Foto
|
Sabtu,
19
September 2015
|
2.
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD) Super Hero
|
Pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan kelompok sebagai
salah satu sarana untuk berinteraksi dan berdiskusi memecahkan masalah.
Menggunakan nama pahlawan sebagai nama kelompok untuk
menumbuhkan semangat patriotisme terhadap pahlawan tanah air.
|
1.
Foto Kegiatan
2.
Materi Ajar
3. Lembar
Kegiatan Siswa (LKS)
4. Daftar
kelompok
5.
Daftar hadir
|
Rabu,
23
September 2015
|
3.
|
Membuat
alat ukur pencapaian hasil belajar
|
Alat ukur yang sesuai dengan materi ajar
|
1.
Foto
2.
Butir Soal
|
Sabtu,
19
September 2015
|
4.
|
Mengoreksi
dan menilai pekerjaan siswa
|
Hasil pekerjaan siswa terhadap materi ajar.
|
1.
Foto
2.
Rekap Nilai
|
Rabu,
23
September 2015
|
5.
|
Melaksanakan
Kegiatan “RABU BERSERI” (Bersih, Rapi, Santun, Tertib)
|
Lingkungan sekolah yang bersih, rapi, dan tertib serta warga sekolah
yang berperilaku santun.
|
1.
Foto
|
Rabu,
23
September 2015
|
6.
|
Melatih
Kegiatan Pramuka dengan GEMBIRA (gerak, menyenangkan, Bernyanyi, bertepuk
tangan)
|
Pramuka yang menyenangkan dengan memadukan gerak, bernyanyi dan
bertepuk sehingga tercipta pramuka yang gembira.
|
1.
Foto Kegiatan
2.
Materi Kegiatan
|
Jumat,
25
September 2015
|
7.
|
Melatih
kegiatan upacara bendera
|
Petugas upacara yang siap dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.
|
1.
Foto
|
Jumat,
25 September
2015
|
8.
|
Melaksanakan
Kegiatan “Kapten Sehari”
|
Siswa yang lebih berani untuk maju di depan dan tampil percaya diri
menjadi seorang pemimpin.
|
1.
Foto Kegiatan
2.
Daftar nama anak yang menjadi kapten kelas
|
Senin, 28
September 2015
|
9.
|
Melatih
Kegiatan Ekstrakurikuler komputer
|
Siswa yang mampu mengoperasikan computer tingkat dasar.
|
1.
Foto Kegiatan
2.
Daftar Hadir
3.
Bahan Ajar
|
Selasa,
22
September 2015
|
10.
|
Melaksanakan
kegiatan Rolling in Class
|
Tempat duduk siswa yang selalu berganti dapat menghilangkan rasa jenuh serta dapat
menjaga kesehatan mata anak dan menghilangkan kelompok social yang tidak
diharapkan di dalam kelas.
|
1.
Foto
2.
Denah Ruangan
|
Senin, 28
September 2015
|
11.
|
Kegiatan
CILUNA (Cinta Lagu Nasional)
|
Siswa yang bangga dan hafal lagu Nasional serta menambah pembedaharaan
lagu-lagu nasional pada diri anak.
|
1.
Foto
|
Sabtu, 26
September 2015
|
12.
|
Melaksanakan
Kegiatan “Gemar Membaca”
|
Siswa yang
gemar membaca dan mampu menjadikan buku serta perpustakaan bagian dari diri
mereka.
|
1.
Foto
|
Selasa,
22
September 2015
|
B.
Pembahasan
Aktualisasi di SD Negeri Giling 03
Tabel 5.1
Formulir laporan kegiatan Menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
berbasis ICT (Information and Communication Technologies)
Kegiatan
|
Menyusun
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis ICT (Information and
Communication Technologies)
|
Hari,
Tanggal
|
Sabtu,
19
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
RPP
Foto
|
RPP merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi
sebagai guru kelas. Menyusun RPP didasarkan pada permendiknas nomor 41 tahun 2007 tantang Standar
Proses.
Uraian Kegiatan:
RPP merupakan
pegangan guru sebelum melakukan pembelajaran sehingga proses kegiatan belajar
dan mengajar berlangsung secara efektif dan efesien. Dalam penyusunan RPP ini
disesuaikan dengan standar proses yang terdiri dari beberapa komponen RPP
yaitu: : identitas mata pelajaran, standar
kompetensi, kompetensi dasar, indicator pencapian kompetensi, tujuan
pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, penilaian hasil belajar dan sumber belajar. Penyusunan RPP
merupakan tupoksi seorang guru. Oleh karena itu RPP disusun dengan penuh
tanggung jawab. Nilai dasar akuntabiltas yaitu tanggung jawab. Penyusunan RPP juga
mempertimbangkan materi, materi pelajaran seyogyanya mampu dan dapat diterima
oleh semua anak. Nilai Nasionalisme
yaitu Keadilan. RPP dibuat
dengan menggunakan bahasa yang santun dan
mudah dipahami serta mudah untuk
diaplikasikan. Nilai Etika Publik yaitu Memelihara dan menjunjung tinggi standar
etika luhur
Penyusunan RPP
mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan inovatif serta berupaya
mengadakan perbaikan berkelanjutan. Nilai
dasar komitmen mutu adalah
efektif, inovatif dan perbaikan berkelanjuatan. RPP
disusun diluar jam pembelajaran sehingga tidak mengganggu jalannya kegiatan
belajar mengajar di dalam kelas. Nilai dasar anti korupsi adalah jujur.
|
Lampiran
Kegiatan 1. 1 ( Rencana Pelaksanaang Pembelajaran)
Lampiran
Kegiatan 1. 2 (Foto Kegiatan)
Tabel 5.2
Melaksanakan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Team
Achievement Division (STAD) Super Hero
Kegiatan
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD) Super Hero
|
Hari,
Tanggal
|
Rabu,
23
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
Materi
Ajar
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Daftar kelompok
Daftar
hadir
|
|
Pembelajaran Koperatif tipe STAD merupakan
pembelajaran Cooperative Learning
yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling
memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai
prestasi yang maksimal
Uraian Kegiatan:
Pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD
dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru menjelaskan materi
kepada siswa termasuk juga langkah-langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan secara jelas. Nilai Akuntabilitas: Kejelasan. Siswa
diperkenankan untuk bertanya jika belum jelas terhadap materi yang
disampaikna oleh guru. siswa dibentuk
berkelompok secara heterogen. Nilai
dasar nasionalisme: Menghargai Perbedaan dan kerja sama.
Setiap kelompok memilih gambar pahlawan untuk
dijadikan nama kelompoknya. Setiap kelompok diberikan Lembar Kegiatan Siswa
(LKS) yang berisikan soal-soal yang berkaitan dengan materi untuk dikerjakan
secara berkelompok. Kuis diberikan oleh guru kepada seluruh siswa. Kuis
tersebut sebagai pedoman untuk menentukan kelompok terbaik diantara yang
terbaik (best of the best) .
setelah selesai kuis diadakan penilaian individual, setiap anak tidak boleh
bekerja sama walaupun itu dalam satu kelompok.
Dalam
pembelajaran guru menggunakan kalimat yang mudah dipahami dan santun.Nilai
dasar etika publik: memelihara dan
menjujung tingga standar etika luhur. Pembelajaran kooperatif STAD merupakan salah satu inovasi
pembelajaran, dari pembelajaran yang bersifat satu arah menjadi pembelajaran
berkelompok. Nilai dasar komitmen mutu: kreatif dan inovatif.
Dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang telah
ditetapkan pada RPP. Nilai dasar anti korupsi: Disiplin
|
Lampiran
Kegiatan 2. 1 (Foto Kegiatan)
Lampiran Kegiatan 2. 2
(Materi Ajar)
Lampiran Kegiatan 2. 3
(Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Lampiran Kegiatan 2. 4
(Daftar kelompok)
Lampiran Kegiatan 2. 5
(Daftar hadir)
Tabel 5.3 Membuat
alat ukur pencapaian hasil belajar
Kegiatan
|
Membuat
alat ukur pencapaian hasil belajar
|
Hari,
Tanggal
|
Sabtu,
19
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
Butir Soal
|
Alat
ukur pencapaian hasil belajar digunakan guru sebagai alat untuk mengukur
tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah diajarkan
Uraian Kegiatan:
Pembuatan alat ukur pencapaian hasil belajar
mengacu pada tingkatan kognitif taxonomi bloom. Ada 6 tingkatan kogintif
menurut taxonomi bloom: Pengetahuan (C1), Pemahaman (C 2), Aplikasi (C 3),
Analisis (C 4), Evaluasi (C5), dan
Sintesis (C6). Guru membuat alat ukur dengan penuh tanggung jawab sesuai
dengan aturan. Nilai dasar akuntabilitas: tanggung jawab. Alat ukur diberikan kepada seluruh siswa tanpa
membeda-bedakan siswa. Nilai dasar nasionalisme: non
diskriminasi. Membuat kalimat dalam alat ukur pencapaian hasil
belajar dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif. Nilai
dasar etika publik: Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika luhur. Penilaian
hasil belajar oleh pendidik didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang
ditetapkan. Nilai dasar komitmen mutu: efektif. Tidak menerima
gratifikasi untuk mengubah soal. Nilai dasar anti korupsi: jujur
|
Lampiran
Kegiatan 3. 1 (Foto Kegiatan)
Lampiran Kegiatan 3. 2 (Butir Soal)
Tabel 5.4 Mengoreksi
dan menilai pekerjaan siswa
Kegiatan
|
Mengoreksi
dan menilai pekerjaan siswa
|
Hari,
Tanggal
|
Rabu,
23
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
Rekap Nilai
|
Kegiatan
mengoreksi dan menilai pekerjaan merupakan langkah pembelajaran yang
bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah
diberikan oleh guru.
Uraian Kegiatan:
Pelaksanaannya
guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa dengan membandingkan jawaban siswa
dengan kunci jawaban yang dibuat oleh guru. Memberikan penilain berdasarkan
dengan pedoman penskoran yang sudah dibuat sebelumnya. Memberikan penilaian pada hasil pekerjaan
siswa, baik hasil berkelompok maupun individu sesuai dengan hasil pekerjaan
siswa. Guru memberikan penilaian hasil pekerjaan siswa secara jujur dan
transparan. Nilai dasar akuntabilitas: Transparan. Guru memberikan
penilaian secara adil kepada peserta didik. Nilai dasar nasionalisme: adil.
Memberikan penilaian dengan segera secara dan memberikan hasilnya
kepada siswa dengan secepatnya. Nilai dasar etika publik: memberikan layanan
kepada publik secara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna,
berhasil guna, dan santun. Memberikan penilaian sesuai dengan pedoman
nilai yang sudah dibuat. Nilai dasar komitmen mutu: komitmen. Melakukan
penilaian secara jujur, terbuka, dan adil tanpa membeda-bedakan suku, ras,
agama dan golongan. Nilai dasar anti korupsi: Jujur, Terbuka,
Adil
|
Lampiran
Kegiatan 4. 1 (Foto Kegiatan)
Lampiran Kegiatan 4. 2
(Rekap Nilai)
Tabel
5.5 Melaksanakan Kegiatan “RABU BERSERI” (Bersih, Rapi, Santun, Tertib)
Kegiatan
|
Melaksanakan
Kegiatan “RABU BERSERI” (Bersih, Rapi, Santun, Tertib)
|
Hari,
Tanggal
|
Rabu,
23
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
|
Rabu
berseri adalah kegiatan untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada peserta
didik. Kegiatan Rabu Berseri dapat dijadikan salah satu alat pembentukan
karakter bagi warga sekolah. Dilaksanakan setiap hari rabu sebelum bel masuk
berbunyi. Kegiatan ini meliputi Bersih dalam lingkungan kelas dan sekolah,
Rapi dalam hal berpakaian, santun dalam bersikap, dan tertib dalam berbaris
sebelum masuk kelas.
Uraian Kegiatan:
Kegiatan
Rabu Berseri dilaksanakan secara konsisten pada hari Rabu. Nilai
dasar akuntabilitas: konsistensi. Kegiatan RABU BERSERI dilaksanakan
peserta didik secara bersama-sama dengan saling membantu dan penuh
kekompakan. Nilai dasar nasionalisme: kerja sama. Mendorong peserta didik untuk bersama-sama bekerja dan ikut serta
dalam kegiatan RABU BERSERI. Nilai
dasar etika publik: Mendorong Kesetaraan. Melaksanakan RABU
BERSERI untuk menciptakan suasana kelas yang bersih dan rapi, menjunjung
sopan santun, tertib dalam bersikap sehingga membuat nyaman warga kelas. Nilai dasar komitmen mutu: menyentuh
hati.
|
Lampiran
Kegiatan 5. 1 (Foto Kegiatan)
Tabel
5.6 Melatih Kegiatan Pramuka dengan GEMBIRA (gerak, menyenangkan, Bernyanyi,
bertepuk tangan)
Kegiatan
|
Melatih
Kegiatan Pramuka dengan GEMBIRA (gerak, menyenangkan, Bernyanyi, bertepuk
tangan)
|
Hari
Tanggal
|
Jumat,
25
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
Materi
Kegiatan
|
Pramuka
merupakan ekstrakurikuler wajib di SD Negeri Giling 03 yang dilaksanakan pada
hari Jumat pukul 14.00-16.00 WIB. Melatih kegiatan pramuka dengan GEMBIRA
(Gerak, menyenangkan, Bernyanyi dan Bertepuk Tangan) merupakan suatu bentuk
inovasi dengan mengoptimalkan kembali kegiatan pramuka sesuai dengan esensi
dan fitrahnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan pramuka
pada anak dan menghilangkan stigma negative tentang pramuka yang identik
dengan panas dan baris berbaris. Oleh karena itu, dalam satu kali pertemuan
dalam pramuka GEMBIRA ini mengakomodir kegiatan yang bersubstansi gerak,
bernyanyi dan bertepuk tangan sehingga pramuka menjadi menyenangkan.
Uraian Kegiatan:
Memberikan
keteladanan atau contoh (lead by
example) pada peserta didik dalam memberikan sebuah perintah/intruksi
secara tepat. Nilai dasar
akuntabilitas: Kepemimpinan. Memupuk rasa solidaritas,
kesetiakawanan, semangat bekerja sama dengan mengahayati dalam melaksanakan
kegiatan. Nilai dasar nasionalisme: kerja sama. Mendampingi pelatihan
pramuka dengan menggunakan seragam pramuka. Nilai dasar Etika Publik:
Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika luhur. Melatih
kegiatan pramuka dengan prinsip Pramuka Gembira. Belajar disertai dengan
gerak, menyanyi dan bertepuk sehingga tercipta suasana yang menyenangkan
dalam kegiatan pramuka. Nilai dasar komitmen mutu: kreatif dan
Inovatif. Kegiatan pramuka diselenggarakan secara gratis tidak
menarik iuran pada peserta didik. Nilai dasar anti korupsi: Jujur
|
Lampiran Kegiatan 6. 1
(Foto Kegiatan)
Lampiran Kegiatan 6. 2
(Materi Kegiatan)
Lampiran Kegiatan 6. 3
(Daftar hadir siswa)
Tabel
5.7 Melatih Kegiatan Upacara Bendera
Kegiatan
|
Melatih
kegiatan upacara bendera
|
Hari
Tanggal
|
Jumat,
25
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
|
Melatih
kegiatan upacara bendera dilaksanakan setiap hari Sabtu sepulang sekolah
pukul 12.00-13.00. kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan petugas upacara
agar dapat menjalankan tugasnya dengan benar dan tepat.
Uraian Kegiatan:
Memberikan
tugas pada peserta didik untuk menjadi petugas upacara dengan penuh rasa
percaya bahwa mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan berhasil. Nilai
dasar akuntabilitas: Kepercayaan. Memupuk semangat rasa nasionalisme,
rasa bangga, rasa memiliki sebagai bangsa Indonesia dengan ikut serta dalam
kegiatan upacara Hari Senin. Nilai dasar nasionalisme: cinta tanah air.
Memberikan instruksi dengan intonasi yang tepat dan aba-aba yang
sesuai, serta bersikap ramah santun, dan bersahaja. Nilai dasar etika luhur:
Memelihara dan menjunjung tinggi nilai etika luhur. Latihan kegiatan
upacara dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan pelaksanaan upacara.
Melatih petugas upacara dengan tepat dan benar sehingga dalam pelaksanaanya
kegiatan upacara berlangsung secara tertib dan khidmat. Nilai dasar Komitmen mutu:
upaya berkelanjutan.
|
Lampiran
Kegiatan 7. 1 (Foto Kegiatan)
Tabel
5.8 Melatih Kegiatan Kapten Sehari
Kegiatan
|
Melatih
kegiatan Kapten Sehari
|
Hari,
Tanggal
|
Senin,
28
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
Daftar nama
anak yang menjadi kapten kelas
|
Kapten
Sehari merupakan kegiatan yang dapat memupuk jiwa kepemimipinan anak.
Kegiatan ini berprinsip “setiap anak bisa menjadi pemimpin”. Tugas kapten
sehari adalah memimpin kegiatan yang berlangsung pada hari itu. Kegiatan
dilaksanakan secara bergilir sesuai dengan urutan absen peserta didik.
Uraian Kegiatan:
Menjelaskan
aturan main bagi yang bertugas menjadi Kapten Sehari sehingga siswa tidak
merasa kebingungan. Nilai dasar akuntabilitas: kejelasan. Setiap
anak pada gilirannya akan memperoleh kesempatan yang sama untuk menjadi
kapten sehari. Nilai dasar nasionalisme: keadilan. Menggunakan bahasa yang
santun dalam memberikan tugas. Nilai dasar etika publik: memelihara dan
menjunjung tinggi etika luhur. Membentuk mental dan rasa percaya diri
pada anak secara efektif. Menanamkan sifat mampu menjadi pemimpin.
Ketercapaian kegiatan ini dilihat dari sifat anak yang berani tampil di depan
dan menjadi Kapten Sehari. Nilai dasar komitmen mutu: efektif.
|
Lampiran
Kegiatan 8. 1 (Foto Kegiatan)
Lampiran Kegiatan 8. 1
(Daftar nama anak yang menjadi kapten kelas)
Tabel
5.9 Melatih Kegiatan Ekstrakurikuler Komputer
Kegiatan
|
Melatih
Kegiatan Ekstrakurikuler Komputer
|
Hari,
Tanggal
|
Selasa,
22
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
Daftar
Hadir
Bahan Ajar
|
Kegiatan
Ekstrakurikuler komputer dilaksanakan pada hari selasa setelah pulang sekolah
dari pukul 12.05-13.05 WIB. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak mampu
mengoperasikan komputer tingkat dasar terutama software MS Word, MS Powerpoint, MS Excel. Belajar computer tingkat dasar berarti
belajar untuk mengetahui bagian-bagian dasar computer (hardware maupun software).
Materi kegiatan ini disediakan oleh guru yang disesuaikan dengan tingkatan
kemampuan anak mengoperasikan komputer.
Uraian Kegiatan:
Memberikan
tugas dengan jelas kepada peserta didik tentang langkah-langkah dalam
kegiatan yang akan dilakukan. Nilai dasar akuntabilitas: kejelasan. Memberikan
pelayanan yang sama pada peserta didik tanpa membeda-bedakan ras suku dan
agama.
Nilai
dasar nasionalisme: menghargai perbedaan. Berkomunikasi
dengan peserta didik menggunakan bahasa ramah dan santun. Nilai
dasar etika public: memelihara dan menjunjung standar etika luhur. Membuat
bahan ajar computer yang dapat diselesaikan secara tepat waktu sesuai dengan
tujuan kegiatan dihari tersebut. Nilai dasar komitmen mutu: berkualitas. Tidak
menarik pungutan atau imbalan kepada siswa dalam bentuk apapun. Nilai
dasar anti korupsi: jujur
|
Lampiran
Kegiatan 9. 1 (Foto Kegiatan)
Lampiran Kegiatan 9. 2
(Daftar Hadir)
Lampiran Kegiatan 9. 3
(Bahan Ajar)
Tabel
5.10 Melaksanakan kegiatan Rolling in Class
Kegiatan
|
Melaksanakan
kegiatan Rolling in Class
|
Hari,
Tanggal
|
Senin,
28
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
Denah
Tempat duduk siswa
|
Kegiatan
Rolling in class adalah kegiatan
rotasi atau perputaran tempat duduk peserta didik dengan cara mengambil
undian. Adapun langkah kegiatan dalam rolling in class adalah sebagai
berikut: meja bertuliskan nomor urut 1-17, peserta didik mengambil undian di
depan kelas. Nomor undian itulah yang menentukan posisi tempat duduk peserta
didik.
Uraian Kegiatan:
Kegiatan
Rolling in class ini dilaksanakan
setiap hari Senin secara konsisten. Nilai dasar akuntabilitas: Konsistensi. Setiap
peserta didik mempunyai kesempatan dan peluang yang sama untuk menduduki
tempat duduk tertentu. Urutan tempat duduk berdasarkan nomor undian yang
didapatkan peserta didik. Nilai dasar nasionalisme: Keadilan. Memberikan
arahan/intruksi kepada peserta didik dengan tanggap, ramah, dan santun. Nilai
dasar etika publik: Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika luhur. Melaksanakan
kegiatan Rolling in Class dengan
cepat dant tepat, tidak mengulur-ulur waktu (terjadi pemborosan waktu). Nilai
dasar komitmen mutu: efesiensi
|
Lampiran
Kegiatan 10. 1 (Foto Kegiatan)
Lampiran Kegiatan 10. 2 (Denah
tempat Duduk)
Tabel 5.11 Melaksanakan
kegiatan CILUNA (Cinta Lagu Nasional)
Kegiatan
|
Melaksanakan
kegiatan CILUNA (Cinta Lagu Nasional)
|
Hari,
Tanggal
|
Sabtu,
26 September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
|
CILUNA
(Cinta Lagu Nasional) merupakan wadah bagi anak untuk menumbuhkan semangat
nasionalisme dan ptriotisme serta bangga akan tanah air Indonesia melalui
kegiatan menyanyikan lagu-lagu nasional secara bersama-sama.
Uraian Kegiatan:
Melaksanakan
kegiatan CILUNA secara konsisten pada hari Selasa sebelum pelajaran dimulai. Nilai dasar akuntabilitas: Konsistensi. Memupuk
semangat nasionalime anak dengan menyanyikan lagu-lagu nasional. Nilai
dasar nasionalisme: cinta tanah air, patriotism. Menyanyikan lagu-lagu
nasional dengan khidmat. Nilai Dasar Etika Publik: Menjujung tinggi
standar nilai-nilai Etika Luhur. Melaksanakan kegiatan CILUNA dengan
tujuan agar anak-anak dapat menghafal dan memahami lagu-lagu nasional. Nilai
Dasar Komitmen Mutu: berkualitas.
|
Lampiran
Kegiatan 11. 1 (Foto Kegiatan)
Tabel 5.12 Melaksanakan
kegiatan Gemar Membaca
Kegiatan
|
Melaksanakan
kegiatan Gemar Membaca (Gerakan Mari Membudayakan Baca)
|
Hari,
Tanggal
|
Selasa,
22
September 2015
|
Daftar
Lampiran
|
Foto
Kegiatan
|
Gemar
Membaca merupakan kegiatan yang dilaksanakan di Perpustakaan bertujuan agar
budaya membaca semakin diminati peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan 15
menit pada saat istirahat. Anak-anak diminta untuk membaca bahan bacaan yang
sesuai dengan minatnya. Guru berfungsi sebagai fasilitator, memfasilitasi
anak-anak apabila menemui kata-kata yang sulit dimengerti. Setelah anak-anak
selesai membaca anak-anak diminta untuk bercerita isi bacaan dengan bahasa
mereka.
Uraian Kegiatan:
Memberikan
tanggung jawab kepada anak untuk membaca di ruang perpustakaan bersama dengan
temannya. Nilai dasar akuntabilitas: Tanggung Jawab. Kegiatan Gemar
Membaca ditujukan kepada semua siswa tanpa terkecuali. Nilai dasar nasionalisme: non
diskriminatif. Menemani siswa dalam kegiatan Gemar Membaca dengan
tulus. Nilai dasar etika public: Menyentuh hati. Menciptakan suasana
yang tenang sehingga Kegiatan Gemar Membaca berjalan dengan baik dan lancar. Nilai
Dasar Komitmen Mutu: Berkualitas. Mengembalikan buku setelah selesai
dibaca. Nilai dasar Anti Korupsi: Jujur
|
Lampiran
Kegiatan 12. 1 (Foto Kegiatan)
BAB V
PENUTUP
A.
Simpulan
Nilai-nilai
dasar Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi
(ANEKA) merupakanhal pokok yang harus dimiliki setiap Aparatur Sipil Negara
(ASN) guna menajalankan tugas perannya dengan maksimal sehingga dapat menjadi
Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional dan berkelas dunia.
Rancangan
aktualisasi diharapkan dapat mewujudkan visi sekolah yaitu Terwujudnya Sumber
Daya Manusia yang
beriman dan bertaqwa, berilmu pengetahuan, kreatif, terampil, dan berbudi
pekerti luhur.
B.
Antisipasi
Kendala
Dalam aktualisasi ada
beberapa kendala yang mungkin akan terjadi. Oleh karena itu dibutuhkan tindakan
untuk mengantisipasi kendala tersebut.
1.
Menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) berbasis ICT (Information
and Communication Technologies)
Kendala :
Materi yang akan dibuat sudah tersampaikan pada saat guru mengikuti diklat prajabatan.
Antisipasi :
Melihat catatan siswa
2.
Melaksanakan
pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD)
Super Hero
Kendala :
siswa ramai ketika berkelompok
Antisipasi :
guru mengelola kelas dengan baik
3.
Membuat alat ukur
pencapaian hasil belajar
Kendala :
memilih kata kerja sesuai taksonomi bloom
Antisipasi :
mencocokan materi dengan taksonomi bloom
4.
Mengoreksi dan menilai
pekerjaan siswa
Kendala :
terdapat tulisan siswa yang tidak terbaca dengan baik
Antisipasi :
menanyakan pada siswa tersebut
5.
Melaksanakan
Kegiatan “RABU BERSERI” (Bersih, Rapi, Santun, Tertib)
Kendala : ada siswa yang tidak ikut dalam kegiatan
Rabu Berseri
Antisipasi: Guru mengingatkan siswa untuk ikut serta
dalam kegiatam Rabu Berseri
6.
Melatih Kegiatan
Pramuka dengan GEMBIRA (gerak, menyenangkan, Bernyanyi,
bertepuk tangan)
Kendala :
siswa sering datang terlambat
Antisipasi :
guru mengingatkan sebelum pulang sekolah
7.
Melatih kegiatan
upacara bendera
Kendala :
Siswa tidak mau menjadi petugas upacara bendera
Antisipasi :
Guru mendekati dan menasihati siswa
8.
Melaksanakan
Kegiatan “Kapten Sehari”
Kendala :anak
pendiam kurang tegas untuk menjadi kapten sehingga sering diejek oleh teman
yang lain.
Antisipasi :Guru
memberikan arahan pada semua siswa bahwa siapapun yang menjadi kapten kelas,
harus dihargai.
9.
Melatih Kegiatan
Ekstrakurikuler computer
Kendala :jumlah
computer yang masih terbatas
Antisipasi : Satu komputer digunakan untuk 2 atau 3
orang
10. Melaksanakan kegiatan Rolling in Class
Kendala :anak
mendapat nomor yang sama seperti minggu lalu, maka tempat duduk anak tidak
berpindah.
Antisipasi : Guru menukar tempat duduk anak tersebut.
11. Melaksanakan kegiatan CILUNA (Cinta Lagu Nasional)
Kendala :
Siswa tidak hafal lagu nasional yang akan dinyanyikan
Antisipasi :
Mencatatkan terlebih dahulu lagu agar anak hafal dan mengetahui liriknya dengan
benar.
12. Melaksanakan kegiatan Gemar Membaca
Kendala :
Anak Ramai di dalam ruang perpustakaan
Antisipasi :
Menemani anak untuk belajar membaca di dalam perpustakaan
DAFTAR
PUSTAKA
BSNP. 2007.Permendiknas Standar proses. Jakarta:
Depdiknas
Lembaga Administrasi Negara. 2014. Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi
Pegawai Negeri Sipil. Modul Penyelenggaraan Perdana Pendidikan dan
Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan III. Jakarta: Lembaga
Administrasi Negara.
Lembaga Administrasi Negara. 2014.Akuntabilitas. Modul Penyelenggaraan
Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan
III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Lembaga Administrasi Negara. 2014.Nasionalisme. Modul Penyelenggaraan
Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan
III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Lembaga Administrasi Negara. 2014.Etika Publik. Modul Penyelenggaraan
Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan
III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Lembaga Administrasi Negara. 2014.Komitmen Mutu.Modul Penyelenggaraan
Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan
III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Lembaga Administrasi Negara. 2014.Anti Korupsi. Modul Penyelenggaraan
Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan
III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan
Reformasi Birokrasi No 16 tahun 2009Tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Mantap semoga membantu saya kelak jika Allah mengizinkan 🤩
BalasHapusAdakah file nya yang bisa langsung di unduh
BalasHapusToop,,
BalasHapusBoleh minta file ny
minta file ya untuk referensi saya
BalasHapusBoleh minta filenya untuk referensi
BalasHapusSy juga mohon d bagi filex dong.sbg bhan referensi kami
BalasHapusBolehkah saya minta filenya
BalasHapusBoleh minta bentuk file nya, buat referensi,sama contoh rpp nya kaya gimana.. sebagai bahan referensi saya
BalasHapusAssalamualaikum.
BalasHapusBolehkah saya filenya..untuk dijadikan acuan saya nanti
assalamualaikum, bolehkah minta filenya sbg bahan referensi?
BalasHapusMinta file ya kak.
BalasHapusBolehkan minta file ny kk
BalasHapusMau dong kak file yg bisa di unduh
BalasHapusbolehkan minta filenya untuk dibuat refrensi? Email sy riskafarida5@gmail.com. bisa berkenan share mungkin... Sebelumnya terima kaish.... Sgt bermanfaat
BalasHapusbolehka ijin minta file nya buat referensi email;paryono526@gmail.com trima kasih
BalasHapusBolBo minta file ny kak
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBisa minta failx de.
BalasHapusMantap kajiannya
BalasHapusBoleh tuu share
Boleh share laporannya !
BalasHapushalo Admin, mungkin bisa dikirim filenya ya ..untk jd bahan refrensi 🙏
BalasHapusmngkin bisa kirim di email : mulyatisudirhermina@gmail.com
Mohon maaf apa bisa minta file nya?
BalasHapusboleh minta file nya kak??
BalasHapusMohon maaf boleh minta filenya kak
BalasHapusMohon maaf boleh minta filenya kak
BalasHapusMohon maaf boleh minta filenya kak
BalasHapus🙏🙏🙏 Boleh minta filenya saudara
BalasHapusBoleh minta filenya sahabat
BalasHapusMinta filenya saudaraku
BalasHapusboleh minta filenya. makasih🙏🏽
BalasHapusBoleh minta filenya 🙏
BalasHapusbolehkah minta file lengkapnya ke email msyahrawardi@gmail.com terimakasih
BalasHapusPermisi. .
BalasHapusBagi yg punya file ini
Bisa kirimkan file nya ke email azmiazmiazmi7@gmail.com
Terima kasih banyak bantuannya
Semoga kebaikan trbalaskan brlipat
Aamiin
Boleh izin kirim filenya ke email yostrysihombing92@gmail.com trimakasih
BalasHapusMohon ijin untuk minta filenya kak sbg referensi sy untuk membuat laporan aktualisasi? Email sy yulianawulaningtyas@gmail.com
BalasHapuscocok, bagus, mantap
BalasHapusTerima kasih kakak. Sudah mampir di blog saya.
BalasHapusMohon maaf baru sempat buka blog
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus